Telur Bebek Palsu

Seperti biasa, menjelang makan siang. Kami mengambil box catering terlebih dahulu. Supaya ketika waktu makan siang nanti di kantin tidak terlalu ramai orang memilih catering. Sekarang memang pakai box, kalau dulu prasmanan. Mungkin untuk menghindari karyawan yang belum kebagian makan siang.

Tetapi ada yang aneh ketika saya membuka box catering itu. Kebetulan menu hari ini lauknya Ikan Bandeng, Sayur Lodeh, Telur Bebek, dengan sambal. Lumayan lah, bersyukur sekali masih diberi makan siang. Saya mendapati telur yang ada di box berbentuk oval, jadi tidak bulat seperti telur bebek pada umumnya. Bentuknya pun persis seperti telur ayam negeri.

Saya cermati, dari warnanya memang kelihatan kalau itu bukan warna asli. Seperti ada tambahan warna untuk kulitnya. Ketika dibuka bagian kuning telurnya lebih sedikit, bila dibandingkan dengan telur bebek asli yang kuning telurnya lebih banyak. Dan rasanya beda, entah itu mau disebut telur asin atau tidak, yang jelas kalau saya coba nanti, pasti rasanya tidak asin. Karena saya sudah pernah mencoba sebelumnya.

Biasanya telur bebek palsu ini dibuat dengan menggunakan bahan kimia tertentu. Telur ayam negeri yang berwarna kecoklatan dapat dihapus menjadi berwarna putih. Lalu direndam dengan cat tembok yang warnanya mirip dengan telur bebek. Dan jika permukaan kulit diperhatikan dan diraba terasa halus, ada kemungkinan kalau kulit tersebut juga dihaluskan dengan menggunakan amplas.

Tips membedakan telur bebek asli dengan telur bebek palsu :

1. Perhatikan berat telur bebek, setahu saya kalau telur bebek lebih terasa berat bila dibandingkan dengan telur ayam negeri.
2. Bagaimana kalau ternyata nampak bagus semua, yaitu dengan menggosok kulitnya dengan cairan pemutih baju. Telur bebek yang palsu warnanya akan memudar sedangkan yang asli tidak. Tapi sebagai sample, ambil 1 butir saja, jangan semuanya. Setelah itu dibuang.
3. Yang terakhir, peliharalah bebek sendiri supaya bisa menghasilkan telur bebek asli langsung dari induknya.:D

Image

Gambar : Nokia 6120 classic

Iklan
Pos Sebelumnya
Tinggalkan komentar

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: