Orang tua yang perkasa

Sedikit berbagi cerita pengalaman saya berkunjung ke negeri seberang beberapa waktu yang lalu. Menggunakan waktu yang singkat untuk berjalan-jalan menikmati kemegahan kota di Singapura. Saya takjub, heran, sekaligus terharu dengan semua yang ada di sana. Mulai dari sarana dan prasarana yang nyaman, aman, dan teratur. Kebersihan kota yang terjaga. Sampai dengan kegiatan dari orang-orang yang sudah lanjut usia di sana untuk tetap terus bekerja. Mungkin karena beliau-beliau ini tak mau merepotkan sanak saudara dan keluarga mereka.

Para orang tua yang sudah lanjut usia masih saja menjalankan aktivitasnya. Ada yang masih bekerja sebagai petugas kebersihan di stasiun MRT, ada pula yang berjualan di tepi jalan seperti di kawasan Orchad Road. Saya senang melihatnya, dengan semangat beliau-beliau ini menjalankan usaha berjualan es krim. Sekilas saya melihat tangan nenek ini gemetar ketika menerima uang dari orang yang membeli es krimnya. Satu buah es krim dengan roti atau wafer dihargai 1 SGD atau setara dengan Rp 7000. Dan itu ramai sekali, mungkin karena murah dan enak. Harga satu es krim di sana sama dengan satu botol air mineral. Tapi jangan lupa, selepas makan es krim segera minum air putih, supaya tidak bermasalah di tenggorokan.

Sungguh tidak tega juga saya melihatnya, karena waktu lanjut usia adalah waktu dimana seseorang bisa menikmati hari tuanya. Duduk di kursi goyang sambil menikmati alunan musik klasik atau sambil membaca koran, berjalan-jalan bersama cucunya. Semoga di usia lanjut nanti saya bisa seperti mereka, tetap terus beraktivitas.

Satu hal yang membuat saya salut di sana, hampir sebagian besar orang melakukan aktivitasnya dengan rapi dan teratur, budaya antri tetap ada, makan dan minum di MRT sama sekali tidak diperbolehkan. Mungkin karena kebiasaan yang baik dari dulu, menghasilkan kebiasaan baik pula sampai sekarang.

“Kebiasaan baik akan menghasilkan sesuatu yang baik.”

Iklan
Pos Sebelumnya
Tinggalkan komentar

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: