Aku adalah aku

“Aku tak bisa menjadi dia, dan dia juga tak bisa menjadi aku.”

Seorang teman bercerita kepada saya tentang keluh kesah yang ia alami belakangan ini. Sama halnya seperti saya. Ia mengatakan bahwa ia sedikit tersadar seperti bangun dari tidurnya yang tidak nyenyak. Ia belum menjadi dirinya sendiri. Ada sesuatu yang hilang pada dirinya belakangan ini. Karena stress, tekanan, dan omongan dari orang lain membuatnya menjadi sedikit melenceng dari pendirian. Seolah-olah prinsip yang ia pegang terlepas dari tangan. Banyak hal yang membuatnya seperti itu. Salah satunya adalah pikiran kacau. Pada saat pikiran kacau, semua hal yang sekiranya tidak perlu untuk diungkapkan, maupun dilakukan bisa menjadi mungkin. Sampai ia menceritakan hal itu kepada orang lain. Memang sedikit terobati, tapi itu tidak membuat ia kokoh dalam memegang prinsip hidupnya. Ia menjadi lemah, menjadi seperti orang bodoh. Tak ada yang membuatnya menjadi lebih berani untuk menghadapi tantangan hidup terutama masalah pekerjaan yang selama ini ia kerjakan.

Perlu waktu untuk merenungi semua apa yang ia lakukan selama ini. Dan akhirnya ia sedikit menemukan sesuatu yang hilang itu pada dirinya. Ia tidak bisa menjadi orang lain, dan orang lain pun tidak bisa menjadi dia. Ia harus menyelesaikan permasalahannya dengan sikap dewasa. Dulu dia bisa mengatasi dan melalui tantangan yang bahkan lebih berat dari ini. Kenapa sekarang tidak? Itulah karena ia terlalu asyik dengan dunianya sendiri. Asyik bermain dengan dunianya, sehingga ia lupa dengan orang yang ada di sekelilingnya.

Pembelajaran memang selalu datang tiba-tiba dan terus menerus. Belajar bersikap dewasa dan memegang teguh pendirian itu penting, supaya saya, ia, atau pun kamu bisa menjadi diri sendiri yang mempunyai prinsip.

Gambar : Canon PowerShot A3200IS

Pos Sebelumnya
Tinggalkan komentar

Komentar

