Ketupat / Kupat

Ketupat atau yang biasa saya sebut kupat di tempat kelahiran saya di Purbalingga. Kupat merupakan singkatan dari Kagunging Lepat (mempunyai kesalahan). Oleh karena itu, kupat biasanya menjadi tradisi pada saat Lebaran tiba yang pada intinya saling memaafkan kesalahan teman, sanak saudara, dan keluarga.

Di tahun-tahun sebelumnya ketika saya merayakan Lebaran di kampung halaman, saya selalu membuat kupat sendiri untuk keluarga saya. Saya lebih senang membuat sendiri ketimbang harus beli di pasar atau pedagang keliling. Alasannya karena kupat yang saya buat lebih bervariasi, tidak hanya satu macam saja. Saya bisa membuat berbagai macam kupat antara lain kupat bawang, kupat sinta, kupat slamet, dan kupat bangkong (istilah kupat di tempat saya). Biasanya sebelum membuat kupat, bapak saya mencari janur kuning di pohon kelapa milik tetangga sebagai bahan untuk pembuatan kupat. Atau kalau tidak, saya minta janur ke tetangga yang juga sedang membuat kupat sendiri.

Keterampilan membuat kupat saya dapat ketika dulu masih duduk di bangku SMP. Itu pun baru satu macam saja yang baru bisa. Yang lainnya saya belajar dari nenek tetangga sebelah ketika beliau masih hidup. Bentuk kupat yang paling saya suka adalah kupat bawang, karena kupat ini bisa diberdirikan. Mungkin ada arti lain sih sebenarnya, saya sedang mencari tahu apa makna dari bentuk kupat yang saya buat itu.

Kalau anda ingin belajar membuat kupat, silakan menghubungi saya. Saya akan ajari anda membuat kupat sampai bisa, kalau masih belum bisa, berarti anda belum beruntung. ๐Ÿ˜€ (just kidding)

Gambar di bawah ini adalah salah satu contoh kupat bawang

gambar nyomot dari : http://id.wikipedia.org/wiki/Ketupat

Pos Sebelumnya
Tinggalkan komentar

Komentar

