Pekerjaan adalah sawah ladang

Pekerjaan itu diibaratkan sebagai sawah ladang , apapun yang saya lakukan sama halnya dengan mengelola sawah dan ladang. Jika ingin memperoleh hasil yang baik dan memuaskan harus dibarengi dengan kerja keras, disiplin, dan tanggung jawab. Setiap orang mempunyai sawah dan ladang masing-masing. Melakukan pekerjaan dengan ikhlas, didasari tanggung jawab akan lebih baik daripada harus berkeluh kesah setiap saat.

Kalau ditanya tentang keluh kesah, setiap orang yang bekerja pasti pernah berkeluh kesah. Entah apapun itu, mengeluh tentang banyaknya pekerjaan, kurangnya penghasilan yang diterima yang tidak sebanding dengan kinerja saya selama ini. Tapi jika saya pikir-pikir, untuk apa juga saya mengeluhkan apa yang saya kerjakan. Tanggung jawab yang diberikan oleh seseorang kepada saya menandakan kalau saya memang diberi amanat dan mampu untuk mengerjakannya. Beruntung saya masih bisa bekerja seperti ini. Bersaing dengan teman-teman lulusan dari Sarjana itu yang membuat saya merasa terhormat. Saya tidak bermaksud sombong. Tapi saya sedikit menoleh ke belakang ketika saya harus berjuang memulai ini dari nol, memulai sebuah kehidupan yang baru. Belajar mulai dari yang tadinya tidak tahu sama sekali dan sekarang sedikit tahu tentang apa yang harus saya lakukan.

Siang tadi saya pun ditanya oleh pak Boss mengenai pekerjaan saya, beliau mengatakan seperti ini,

“Bagaimana dengan pekerjaanmu sekarang ini, apakah kamu stress?”

Saya pun menjawab, “Saya nikmati pekerjaan saya pak, dijalani saja”.

Saya mulai banyak belajar dari keadaan di sekeliling saya. Belajar tentang sebuah proses kehidupan yang semakin lama banyak perubahan. Saya pun belajar dari teman-teman saya, baik yang di dunia nyata dan di dunia maya. Belajar dari mereka yang bisa menjadi orang sukses. Tidak sedikit teman-teman saya adalah orang-orang yang berhasil di bidangnya. Saya mengambil contoh sederhana dari seorang teman yang bekerja di sebuah perusahaan swasta. Beliau memulainya dari nol, dengan prinsipnya yang patut diacungi jempol, saya kagum dengan beliau. Kisahnya pun sangat menginspirasi saya. Di umur saya yang masih muda ini, saya harus bisa membuat sebuah perubahan yang baik untuk diri saya sendiri, keluarga, orang lain, atau pun tempat di mana saya bekerja sekarang ini.

Semua yang saya lakukan semata-mata adalah pembelajaran. Pembelajaran hidup yang harus saya terapkan dalam kehidupan saya. Tidak ada kata menyerah dalam hidup saya selama saya masih mampu dan mau berusaha. Cuma satu yang membuat saya menjadi penghalang, saya ingin menghilangkan sifat malas saya perlahan-lahan dan bahkan harus hilang dari diri saya.

Hidup adalah sebuah misteri, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi detik ini, hari ini, esok, atau pun nanti.

Nikmati hidup ini sepuasnya.

Tinggalkan komentar

Komentar

