Merantau

 

 

Lokasi gambar : Desa Kedung Menjangan, Purbalingga, Jateng

Merantau adalah perginya seseorang dari tempat ia tumbuh besar ke wilayah lain untuk menjalani kehidupan atau mencari pengalaman. Setiap orang yang merantau pasti menginginkan untuk mencari kehidupan yang lebih baik, mencari pengalaman untuk diri sendiri. Bahkan ada orang perantauan yang sudah menetap dan mempunyai keturunan sampai dengan generasi sekarang.

Pernahkah orang perantauan memikirkan untuk kembali ke kampung halamannya? Pasti pernah, meskipun hanya sedikit kadarnya. Banyak hal yang menjadi pertimbangan ketika seseorang yang merantau untuk kembali ke kampung halamannya. Sebagai contoh, ketika kehidupan di perantauan sudah tidak bisa diharapkan lagi. Mau tidak mau ia pun harus kembali, jika di kampung halaman masih ada keluarga atau kerabat dekatnya. Lain hal tidak sedikit juga orang yang merantau malu untuk kembali ke kampung halamannya, bisa jadi karena jika ia kembali ke kampung halamannya, ia akan merasa dianggap tidak sukses.

Tapi tidak sedikit juga orang yang pulang dari perantauan kembali ke kampung halamannya dengan sukses. Sampai ia membeli tanah, ternak, dan sebagainya untuk menunjukkan bahwa ia telah berhasil mencari penghasilan yang lebih di perantauan.

Hidup tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu perjuangan dan kesungguhan untuk mencapai hasil yang baik dan menyenangkan.

Iklan
Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: