Teh Tarik

Teh Tarik adalah minuman khas Malaysia yang biasanya dijual oleh para mamak (orang India Muslim) di Malaysia dan Singapura. Minuman ini berupa teh yang diberi susu kental manis yang dituangkan dari satu gelas ke gelas lainnya (ditarik). Dalam proses penarikan ini, kandungan-kandungannya menjadi semakin tercampur rata dan aromanya keluar. Selain itu proses penarikan juga membantu mendinginkan suhu minuman dan memberikan lapisan busa lembut di bagian atasnya yang terbentuk karena kandungan gula di dalam air teh.

Teh tarik dan teh es merupakan minuman yang banyak dijual di rumah makan para mamak, dan biasanya diminum bersama hidangan seperti nasi lemak, roti canai, roti telur, atau roti tempayan. Bubuk teh yang dijual kiloan sering digunakan untuk membuat teh tarik. Setelah diseduh, teh disaring dengan kain kasa dan dicampur dengan susu kental manis. http://goo.gl/GT7q1

Dari kesekian kalinya saya minum teh tarik, baru kali itu saya benar-benar bisa menikmati teh tarik asli dari negerinya. Rasanya lebih nikmat ketimbang teh tarik instan yang biasa saya buat sendiri. Ketika itu saya menikmati teh tarik untuk menemani hidangan makan malam saya yaitu nasi goreng pataya. Rasanya pun lumayan enak, mungkin karena lapar setelah beberapa jam perjalanan dari Jakarta menuju Johor Bahru, Malaysia saya tidak menyantap makanan apapun. Mau minum pun tidak ada, karena sudah disita oleh petugas di bandara Jakarta sebelum pemberangkatan. Terpaksa harus menahan lapar dan haus sampai di tempat tujuan.

Teh tarik yang saya pesan disajikan hangat, terasa berbeda seperti yang biasa saya minum. Dan setelah menyantap habis nasi goreng pataya dan minum teh tarik, teman saya menawarkan untuk memesan neslo. Saya memilih neslo yang disajikan dingin dengan banyak es batu untuk diminum nanti malam. Saya kira neslo yang saya pesan disajikan dengan gelas plastik dengan isi standar, ternyata tidak. Isinya lebih banyak dan disajikan dengan plastik yang diberi tali sebagai tentengannya. Lalu saya memesan juga nasi lemak untuk sarapan esok pagi sebelum berangkat jalan-jalan ke Singapura.

Lokasi : DNP Plaza / Aster Court Apartment No. 59 Jalan Datuk Abdullah Tahir 83000

Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

Komentar

