Menyempatkan tidur

Tidur adalah kebutuhan setiap orang. Kurangnya waktu tidur bisa membuat badan menjadi lemas, mata menjadi berkantung seperti mata panda, menyebabkan tensi menjadi rendah. Orang yang sulit tidur sangat menyiksa. Saya kadang ikut sedih juga kalau melihat orang yang susah untuk tidur, untuk memejamkan mata saja harus dalam suasana gelap dan sunyi. Saya termasuk orang yang gampang tidur dengan catatan kalau tubuh sudah terasa capek, pegal dan memerlukan istirahat. 

Seperti halnya di kantor, saya sempatkan untuk tidur sejenak ketika bekerja pada hari libur. Waktunya tidak sampai satu jam juga sudah cukup. Tapi, tidur di kantor beda dengan tidur di rumah. Kalau di kantor tidak bisa tidur secara leluasa, masih terjaga karena situasi dan posisi tidur yang tidak nyaman. Tidur dengan posisi duduk memang tidak bagus untuk tubuh, tentunya jika tidak terlalu sering. Mungkin kalau sebentar sih tidak apa-apa.

 

 

Tidur sebentar memang membuat kepala pusing. Bawaannya selalu emosi karena kurangnya waktu yang diperlukan untuk mengistirahatkan pikiran di siang hari. Saya memang jarang tidur siang, mungkin bisa dihitung dengan jari selama sebulan. Berbeda dengan tidur di malam hari yang lebih banyak waktunya. Waktu yang efektif untuk tidur adalah 8 jam per hari. Kadang waktu tidur 8 jam itu masih saja merasa kurang nyenyak, gelisah, dan lain-lain. Biasanya pengaruh dari pikiran dan suasana. Pikiran dan suasana yang tidak mendukung seperti memikirkan pekerjaan, memikirkan orang lain, suasana ruangan yang tidak cocok mempengaruhi tidur. Kalau sudah seperti itu, pasti pagi harinya terasa pusing dan tidak bersemangat.

Tidur yang cukup lebih baik daripada tidak bisa tidur sama sekali.

Life is something to do when you can’t get to sleep.

~ Fran Lebowitz

 

Iklan
Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: