Rindu yang berlebihan

“Apakah rindu atau kangen yang berlebihan bisa menyebabkan penyakit?”

“Rasanya iya..”

Definisi dari kata rindu menurut KBBI, artinya:

~ rindu adj 1. sangat ingin dan berharap benar terhadap sesuatu: ia rindu akan kemerdekaan; 2. memiliki keinginan yang kuat untuk bertemu (hendak pulang ke kampung halaman) : ia rindu benar kepada anak-istrinya;
~ me·rin·du v 1 menjadi rindu; menanggung rindu: kelakuannya seperti orang sedang merindu; 2 bernyanyi karena rindu;
~ me·rin·du·kan v 1 sangat menginginkan dan mengharapkan (hendak bertemu): dia merindukan kekasihnya; 2 menaruh cinta pada; 3 membangkitkan rasa rindu: nyanyian yang merawankan dan merindukan hati;
~
pe·rin·du n 1 buluh yang tipis, biasa digunakan untuk suling; 2 pekasih; guna-guna;
~ ke·rin·du·an n perihal rindu; keinginan dan harapan (akan bertemu)

Menurut pengalaman yang pernah kualami sampai saat ini, rindu atau kangen kepada seseorang yang berlebihan bisa menyebabkan galau (kecau pikiran), dan itu memang benar. Aku pernah merasakan rindu yang teramat rindu hingga aku seperti orang linglung, sampai ada temanku ada yang bertanya ini, aku malah jawabnya itu. Rasanya benar-benar tidak nyaman dan menyesakkan. Ingin sekali diluapkan tapi tidak bisa. Tertahan terus dan semakin lama semakin menumpuk rasanya seperti mau meledak.

Kenapa orang memunyai rasa rindu?

Karena rindu merupakan sebuah emosi jiwa yang dimiliki oleh manusia untuk mengungkapkan perasaannya kepada seseorang atau sesuatu. Seperti halnya rasa marah, benci, takut, dan sebagainya. Sebenarnya rasa rindu yang berlebihan bisa juga menyebabkan penyakit. Penyakit rindu itu bernama “Malarindu” dan “Meriang” (Merindukan kasih sayang). Jika sudah terjangkit rasa rindu, alangkah baiknya diungkapkan saja. Meskipun hanya sebatas sms, email, DM, dan sebagainya. Kalau pun tidak dibalas, ya itu.. “derita lo”  eh.. bukan. Kalau pun tidak dibalas ya harus dimengerti dan dipahami. Karena itu adalah hal yang paling indah dalam menjalin sebuah hubungan. (not really)

Memang agak susah untuk mengurangi kadar rasa rindu yang berlebihan. Tapi, akan kucoba.

Dan ketika aku bilang, “Aku sangat merindukanmu”, itu adalah ungkapan yang benar-benar tulus yang terucap dari hati. Tidak mengada-ada dan tidak diada-adakan.

Alangkah baiknya jika perasaan rindu yang begitu besar diapresiasikan terhadap Tuhan, dan rindu terhadap manusia ataupun sesuatu yang kita miliki disederhanakan saja. Karena sesuatu atau seseorang yang kita sangat rindukan sekarang, bisa menjadi sesuatu yang kita sangat benci di masa kelak, dan sesuatu yang kita amat benci sekarang dapat menjadi sesuatu yang kita rindukan nanti. (Andi Rishadi)

Iklan
Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: