Mengenal komputer & internet

Kali pertama saya mengenal komputer pada saat saya masih duduk di bangku SD, kalau tidak salah kelas 5 atau 6, saya lupa. Dulu saya tinggal bersama orang tua saya di sebuah Madrasah Aliyah Negeri. Bapak saya bekerja di sana, bukan sebagai guru, bukan sebagai pegawai negeri. Hanya mengabdi selama kurang lebih 10 tahun sebagai pegawai biasa. Waktu itu sekitar tahun 1997 ceritanya saya sedang menonton seorang guru bahasa Inggris yang sedang bermain tebak gambar di komputer. Menerjemahkan gambar kedalam bahasa Indonesia. Mungkin karena saya di situ terus ngeliatin, tiba-tiba beliau menawarkan untuk saya yang menjawab pertanyaan di layar komputer yang masih berwarna hitam abu-abu.

Senengnya waktu itu, namanya anak kecil kalau disuruh mengenal seperti itu pasti mau banget. Selain mengenal perlengkapan kantor seperti komputer, saya sering bermain-main dengan mesin tik. Namanya anak kecil pasti rasa keingin tahuannya besar. Ketik ini ketik itu. Sering juga memperhatikan bapak saya mengetik kalau sedang dapat tugas dari beberapa guru untuk mengetik surat atau dokumen lain. Dulu memang saya pernah mimpi bisa belajar mengetik cepat. Dan apa yang saya impikan sudah bisa menjadi kenyataan, belajar mulai pengenalan macam-macam mesin tik zaman dulu dari yang paling gede sampai yang ukuran sedang sudah pernah saya pelajari di SMK. Kebetulan program studi yang saya ambil adalah sekretaris. Mengetik cepat 10 jari buta tanpa melihat huruf dengan kecepatan 120 huruf per menit dengan cepat dan benar juga pernah saya lakukan. Semua dimulai dari yang sama sekali tidak bisa sampai akhirnya bisa.

Kembali lagi ke komputer, untuk komputer sendiri saya belajar semuanya dari sekolah. Agak lupa-lupa ingat sih sebenernya kapan mulai saya mengenal komputer sepenuhnya. Tahun 2001 saya masuk kelas 1 SMK. Sebelum menginjak ke windows dulu kami belajar tentang Ms DOS (kalau tidak salah namanya ini). Pengenalan mulai dari berbagai macam komputer dan jenisnya juga kami pelajari. Belajar Ms DOS memang gampang-gampang susah, apalagi pemula seperti saya ini. Tapi, lama kelamaan saya mengerti, oh begini, oh begitu. Nah, menginjak semester dua di kelas satu, barulah kami dipernalkan ke windows. Kali pertama belajar adalah mengenal tombol-tombol dan semuanya, kemudian berlanjut ke Microsoft Office. Belajar membuat surat dalam bentuk lurus penuh, semi, mungkin biasa. Dan saya menyukai mata diklat ini. Untuk ulangan saja, saya sering selesai lebih dulu, kemudian meninggalkan teman-teman yang masih kebingungan bagaimana menyelesaikan ulangannya. Sampai gurunya hafal dengan saya.

Nah, di kelas 2 SMK barulah kami diajarkan internet oleh guru kami. Mungkin saat itu memang internet baru masuk ke sekolah. Kali pertama kami diajarkan untuk chatting menggunakan MIRC. Masih ingat ada kalimat pembuka, β€œasl pls?” Haha.. kadang bikin ketawa kalau asyik chatting dengan beberapa orang, eh rupanya dari komputer teman sebelah. Kalau sudah lewat jam sekolah biasanya guru menyediakan waktu sampai pukul 5 sore untuk bermain internet. Tarifnya kalau tidak salah satu jam seribu rupiah. Tapi, namanya anak sekolah pasti ada nakalnya, kadang bayar, kadang nggak, ya macam-macamlah.

Internet dulu tak secanggih sekarang yang bisa diakses kapanpun dan di manapun. Sekarang bisa diakses menggunakan handphone dan smartphone. Tiada hari tanpa internet. Internet mengubah semuanya bahkan mungkin segalanya. #yakali

Iklan
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

1 Komentar

  1. Navis Rena Arnesti

     /  10 Januari 2014

    Mengetik ulangan semester 2

    Balas

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: