Dinikmati saja

Mampir sejenak untuk ngopi di warung dekat POM bensin Subang.

Mampir sejenak untuk ngopi di warung dekat POM bensin Subang.

Kemarin sore ceritanya saya minum kopi bersama pacar a.k.a my husband. Kami berdua sering minum kopi bersama di luar, jarang sekali di rumah karena dia juga bukan pencandu kopi. Sekadar saja sebagai formalitas kalau perlu. Kopi apa saja, kopi instan sachet yang paling sering.

“Kamu itu kalau minum kopi dinikmati, minum kopi kok kayak orang kehausan” kata pacar

“Iya, gimana menikmatinya, kasih tau caranya dong. Kalau aku minum kopi nggak sabar, penginnya cepet habis, mumpung masih anget juga. Nggak enak kalau udah dingin,” jawab saya

“Ya, nggak gitu juga kali, kamu mestinya belajar. Contohnya nih ya, kalau kamu makan, terus makanan itu udah dingin, mau nggak mau kamu harus makan, kan? Sama seperti minum kopi, nggak usah terlalu terburu-buru. Dinikmati kopi itu, manisnya, pahitnya, aromanya, jadi nikmat minumnya. Biasakanlah seperti itu, sedikit demi sedikit,” kata pacar

Tadi siang ketika makan catering bersama di ruang kerja.

“Ly, lu kalau makan napas dulu napa? Makan kok cepet banget, nggak ada bapak (boss) lu juga. Makan tuh bareng-bareng,” temen nyeletuk

“Iya, mbak.. iya. Ini juga pelan nih,” jawab saya

Kebiasaan buruk memang. Mungkin karena dulu sering disuruh makan cepat-cepat. Bahkan pernah makan hanya diberi waktu beberapa menit saja. Dan kebiasaan itu terbawa sampai sekarang. Tidak baik sebenarnya. Tidak baik untuk saluran pencernaan. Normalnya orang mengunyah makanan itu sampai benar-benar lumat. Mungkin saatnya saya harus mengubah tata cara makan yang baik dan benar. Memang awalnya susah karena kebiasaan ini. Ya, mencoba perlahan-lahan.

Kadang saya malu juga kalau harus makan bersama teman yang jarang sekali ketemu. Malu karena saya makannya terlalu cepat, sedangkan teman saya makannya benar-benar menikmati.

Belajar untuk hal baik kenapa tidak.

Pos Sebelumnya
Tinggalkan komentar

Komentar

