Bapak Penjual Sop

IMG_8450

“Bapak… Ibu ke mana?”
“Ibu lagi salat?”
“Bapak, sop sapinya satu dibungkus, ya..”
“Berapa?”
“Sepuluh ribu..”
“Saya minta lima belas ribu ya..”
“Iya, pakai kecap?”
“Iya..”
“Sambal?”
“Pakai juga, dicampur sekalian..”

Bapak penjual ini asli orang Madura. Beliau berjualan sop kambing, sop sapi, tengleng. Rasanya enak kalau menurut saya. Harganya lebih murah bila dibandingkan dengan penjual sop lainnya. Kalau untuk sop sapi dan kambing isinya lebih banyak daging dan tulang. Lemaknya lebih sedikit.

“Wuihh.. saya dikodak,” kata bapak.

Maksudnya dikodak adalah difoto. Saya sengaja mengambil gambar beliau, eh malah beliau minta difoto sekali lagi bareng si ibu.

IMG_8451

Satu porsi sop sapi sudah siap untuk dibawa pulang. Kalau dulu saya sering makan di tempat bersama pacar selepas pulang kerja. Satu piring nasi dan semangkuk sop yang saya pesan cukup membuat saya kenyang. Sangat malahan.

Bapak dan Ibu ini berasal dari Madura. Memunyai satu anak lelaki yang sekarang sedang kuliah di Surabaya. Berjualan sop di Cikarang sudah bertahun-tahun lamanya. Persisnya saya juga kurang tahu. Nama bapak ini saja saya belum tahu karena belum pernah tanya. Tanya pun hal yang lain. Bapak ini pernah bilang kalau saya mirip pemain Badminton. Padahal saat itu saya baru pulang dari bermain Futsal, mampir untuk makan di tempat bapak ini.

Kalau tidak salah Tengleng sebenarnya makanan khas yang berasal dari Solo. Tapi, bapak asli Madura ini yang berjualan. Tidak semua penjual makanan khas yang dijual adalah orang yang berasal dari asal makanan khas itu. Di Cikarang, orang Medan bisa berjualan Nasi Uduk, orang Tegal berjualan Mendoan, orang Jawa Tengah berjualan Nasi Padang. Berbagai macam kuliner dengan rasanya masing-masing banyak di Cikarang. Tergantung selera dan isi dompet yang pasti.

Iklan
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: