Menulis Kalimat

Logo Situs Menulis Kalimat yang terbaru.

Logo Situs Menulis Kalimat yang terbaru.

“Surat cinta terindah adalah yang dikembalikan dengan perbaikan tanda baca dan ejaan kata.”

Begitulah kalimat yang muncul jika anda mengarahkan kursor ke logo situs Menulis Kalimat yang baru di tampilan beranda blog eh tulisan saya ini. Situs Menulis Kalimat ditulis oleh Jarar Siahaan. Bekerja sebagai Pemimpin Redaksi Koran Toba di Balige, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Situs ini berisi artikel tentang bahasa Indonesia. “Situs Menulis Kalimat™ tidak semata-mata menerbitkan artikel mengenai kaidah baku tata bahasa Indonesia, melainkan kiat menulis kalimat yang tepat makna—bukan sekadar kalimat berbunga-bunga dan bukan pula teori berpautan jargon-jargon gramatikal—dan bagaimana memakai tanda-tanda baca dengan cara tidak biasa yang bahkan menabrak teori tata bahasa Indonesia!” begitu kata penulisnya.

Sebagai contoh, saya kutipkan artikel terbaru dari situs Menulis Kalimat mengenai “Tanda Titik”.

Tanda baca titik yang salah

Tidak perlu spasi sebelum tanda baca titik di akhir kalimat, tapi setelahnya, spasi dipakai. Dalam kalimat langsung, tanda titik ditaruh di dalam petikan atau sebelum tanda petik penutup, bukan setelah petik.

Tapi, ada pesan dari penulisnya. Jika anda tidak kuat iman untuk mengikuti kaidah tata bahasa yang dengan cara tidak biasa, sebaiknya berpikir lagi. Itu saja. Daripada penasaran, silakan anda mengeklik logo situs Menulis Kalimat di sebelah kanan tulisan ini. Mari kita belajar bahasa Indonesia!

Iklan
Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s