Pajak

Lumayan untuk hari ini. Ternyata saya punya bakat mengajar. Ahakkk! Eh, bukan sih sebenarnya. Hanya menyampaikan apa yang saya pelajari selama ini. Padahal selama ini apa yang saya pelajari belum seberapa dibandingkan dengan mereka yang mengenyam bangku kuliah di bagian perpajakan. Bisa diukur, mungkin tidak ada seujung jari kuku. Saya hanya belajar di sini, di tempat kerja ini. Ilmu gratis sekaligus saya mendapat penghasilan dari apa yang saya kerjakan.

Ceritanya ada sebuah project di sistem, dan ada perubahan untuk ke depannya. Saya harus menerangkan apa yang selama ini dilakukan di sistem. Tentang withholding tax. Apakah itu witholding tax?

Sedikit mengutip dari DJP (Direktorat Jenderal Pajak). Withholding tax (pemotongan/pemungutan pajak) adalah salah satu sistem pemungutan pajak yang diterapkan di Indonesia. Dalam sistem Withholding Tax, pihak ketiga diberikan kepercayaan untuk melaksanakan kewajiban memotong atau memungut pajak atas penghasilan yang dibayarkan kepada penerima penghasilan sekaligus menyetorkannya ke kas Negara. Di akhir tahun pajak, pajak yang telah dipotong atau dipungut dan telah disetorkan ke kas negara itu akan menjadi pengurang pajak atau kredit pajak bagi pihak yang dipotong dengan melampirkan bukti pemotongan atau pemungutan.

Sistem Withholding Tax di Indonesia diterapkan pada mekanisme pemotongan/pemungutan Pajak Penghasilan (PPh). Istilah pemotongan dimaksudkan untuk menyatakan jumlah pajak yang dipotong oleh pemberi penghasilan atas jumlah penghasilan yang diberikan kepada penerima penghasilan sehingga menyebabkan berkurangnya jumlah penghasilan yang diterimanya (misal: PPh Pasal 21 dan PPh Pasal 23). Sedangkan yang dimaksud dengan pemungutan adalah jumlah pajak yang dipungut atas sejumlah pembayaran yang berpotensi menimbulkan penghasilan kepada penerima pembayaran (misal: PPh Pasal 22).

Memang untuk belajar tentang perpajakan di Indonesia harus mengetahui detil tentang semuanya. Apalagi jika ada perubahan peraturan terbaru dari DJP yang kadang setiap beberapa tahun sekali terjadi. Belajar pajak tidaklah susah, kalau kita mau tekun mempelajarinya dan mengikuti setiap perubahan yang sedang terjadi. Saya sendiri, mungkin masih perlu waktu lama untuk mempelajari satu macam pajak saja.

Iklan
Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: