Sekilas

Semua akan (p)indah pada waktunya. Terlalu sering saya menuliskan kalimat ini. Tapi, itu yang terjadi dalam kehidupan kerja di tempat kami. Satu per satu pergi. Ada yang pamit, pergi begitu saja, dan pergi dengan alasan lain. Cerita di tempat kerja memang selalu memberi kesan. Sebagai contoh, biasanya jam segini saya dan rekan-rekan yang lain semangat untuk membuat kopi.

“Pak, ngopi sik, ndak edan!” atau “Pak, saya mau ngopi, mau air panasnya nggak?”

Begitu seterusnya, kadang gantian. Tergantung dari masing-masing, mana yang sempat merebus air. Kadang juga bareng dengan mbak-mbak dan ibu-ibu yang doyan ngopi. Kopi tak sedap kalau tidak disajikan panas-panas dengan air mendidih.

Cerita tentang teman-teman, suasana bercanda, berbagi makanan, dan pusing bersama karena pekerjaan memang memberi kenangan. Sejak saya mulai masuk ke dunia kerja sampai saat ini, bertemu dengan berbagai macam karakter orang, sifat orang, dan kepribadian mereka bisa diambil pelajaran. Tidak semua orang memiliki pemahaman yang sama. Tapi, bagi saya adalah bagaimana cara kita bisa memahami mereka.

Seringkali saya mendapat pesan dari teman yang sudah tak kerja bersama lagi. Mereka bilang kangen. Iya, saya juga kangen dengan mereka. Hanya saja, saya jarang membalas pesan mereka. Bukannya saya itu sombong, sebenarnya ingin sekali ngobrol lebih lama, bertemu dan lain-lain. Mereka-mereka yang sudah saya anggap sebagai ibu saya, panutan untuk saya. Mereka juga masih memberi semangat kepada saya untuk tetap rajin bekerja.

Usia saya jauh dibawah mereka. Masih kalah pengalaman dengan mereka. Saya baru bergelut dengan dunia kerja sudah sekitar 8 tahun lebih sampai saat ini. Bekerja mulai dari yang berat, ringan, sampai yang sedang-sedang saja. Semua yang saya lakukan ada prosesnya, jenjangnya hingga akhirnya menjadi seperti sekarang. Kita tak tahu apa yang akan terjadi nanti.

semua

Pos Sebelumnya
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

Komentar

